Selasa, 02 September 2014

 

    Macam macam komponen jaringan

 
 
 
 
 
1.    Workstation
Workstation adalah Node atau host yang berupa suatu system computer, host ini dapat sebagai stand alone ataupun workstation yang dapat bertukar informasi atau data dengan workstation lain. Dalam istilah jaringan sering mendengar istilah node atau host yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan jaringan. Dan istilah Media komunikasi yaitu semua node yang saling berhubungan.

2.    Server
Server adalah  sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau alat pencetak (printer), dan memberikan akses kepada workstation anggota jaringan. Banyak yang menganggap server adalah pusat dari seluruh computer namun itu sangat berbeda ! server tak harus memiliki semua data yang dimiliki clientnya. Karena sebenarnya server hanyalah pelayan dari semua clientnya.

3.    Router
Menurut sumber Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Contoh aplikasinya adalah jika kita ingin membagi IP Adress kepada anggota jaringan maka kita dapat menggunakan router ini, ciri-ciri router adalah adanya fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), dengan mensetting DHCP, maka kita dapat membagi IP Address, fasilitas lain dari Router adalah adanya NAT (Network Address Translator) yang dapat memungkinkan suatu IP Address atau koneksi internet disharing ke IP Address lain.

4.    Link
Menurut sumber yang saya baca Link (atau di sebut juga hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks (hypertex) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti hal nya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan.

5.    NIC (Network Interface Card / LAN Card)
NIC adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.

6.    Switch
Switch adalah komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan host host yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar